+6221-6542089 admin@julungwangi.com

Alat pemadam api adalah alat perlindungan kebakaran aktif yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil, umumnya dalam situasi darurat. Pemadam api tidak dirancang untuk digunakan pada kebakaran yang sudah tidak terkontrol, misalnya ketika api sudah membakar langit-langit. Umumnya alat pemadam api terdiri dari sebuah tabung bertekanan tinggi yang berisi bahan pemadam api.

Ada dua jenis utama alat pemadam kebakaran yaitu bertekanan di dalam dan dioperasikan oleh cartridge. Dalam unit bertekanan di dalam, gas penyembur disimpan pada ruang yang sama dengan bahan pemadam kebakaran tersebut. Tergantung pada bahan yang digunakan, jika berbeda maka bahan pendorong yang digunakan juga berbeda. Pada alat pemadam berisi bahan kimia kering, umumnya digunakan nitrogen; alat pemadam air dan busa biasanya menggunakan udara. Alat pemadam api bertekanan di dalam adalah jenis yang paling umum. Sedangkan jenis Alat pemadam yang dioperasikan Cartridge gas penyembur berisi dalam cartridge yang terpisah yang harus ditekan lebih dulu sebelum mengalir keluar, mendorong bahan pemadam.

Jenis ini tidak seperti biasa, digunakan terutama untuk fasilitas industri, di mana memerlukan penggunaan dengan kemampuan yang lebih tinggi dari yang biasa. serta memiliki keuntungan karena lebih sederhana sehingga memungkinkan pemakai untuk cepat melaksanakan pemadaman, hingga mampu mengendalikan api dalam kurun waktu yang cepat. Tidak seperti jenis bertekanan di dalam yang menggunakan nitrogen, alat pemadam ini menggunakan pendorong karbon dioksida bukan nitrogen, meskipun model cartridge nitrogen juga kadang digunakan pada temperatur rendah.

Jenis alat pemadam yang digunakan di seluruh dunia dioperasikan oleh Cartridge tersedia dalam bahan kimia kering dan jenis serbuk kering serta berbahan basah seperti air, busa, kimia kering (kelas ABC dan BC), dan bubuk kering (kelas D) .

Alat pemadam api selanjutnya terbagi lagi menjadi pemadam genggam yang juga disebut alat pemadam genggam dengan massa antara 0,5-14 kilogram, karena mudah dibawa dengan tangan. Berikutnya adalah alat pemadam api beroda biasanya memiliki massa lebih besar. Model beroda ini yang paling sering ditemukan di lokasi bangunan, bandar udara, heliports, serta dok dan pelabuhan.

Berbagai tipe agent atau media isi tabung pemadam api setiap negara tidaklah jauh berbeda. Berikut adalah berbagai media tabung pemadam api :

  • Dry Chemical Powder : merupakan media berbasis bubuk yang memisahkan empat bagian dari tetrahedron api. Hal tersebut mampu untuk mencegah terjadinya reaksi kimia yang melibatkan panas, bahan bakar serta oksigen. Cara tersebut menghentikan produksi api dan mempertahankan radikal bebas sehingga mampu memadamkan api.
  • Foams : mampu memadamkan api dari sumber api bahan bakar. Foams juga baik dicampur dan digunakan dalam pipa cabang. Dengan membentuk banyak busa maka mampu menyegel bahan bakar sehingga oksigen tidak dapat mencapainya.
  • Water : dengan mendinginkan bahan bakar dengan air maka sangat efektif digunakan untuk kebakaran terhadap furnitur, bahan kain dan lainya. Namun digunakan dengan benar karena air dapat menghantarkan listrik.
  • Wet Chemical and Water Additives : merupakan kimia basah (kalium asetat, karbonat, atau sitrat). Digunakan untuk memadamkan api dengan menjadi selimut (busa sabun) ketika bahan minyak terbakar. Wet Chemical mampu mendinginkan minyak dibawah titik suhu pengapaiannya.
  • Clean Agents : berguna menggantikan oksigen (CO2 atau gas Inert) dan mampu menghilangkan panas dari area pembakaran (halotron dan FE-36) atau mampu menghambat berbagai reaksi kimia (Halons). Media ini tidak meninggalkan residu dan baik digunakan untuk elektronik dan berkas dokumen.
  • Carbon Dioxide CO2 : merupakan gas bersih yang menggantikan oksigen. Namun CO2 tidak cocok untuk digunakan pada kebakaran yang mengandung oksigen yang menjadi sumbernya seperti logam atau media memasak. Jangan menyemprotkan langsung ke manusia (wajah) karena CO2 dapat menyebabkan radang karena dingin dan sesak napas.
  • Class D Powder : merupakan agen tabung pemadam yang mampu memadamkan api jenis logam dan lainnya.
  • Halon 1211/BCF : (Sudah tidak boleh digunakan, terkecuali di UK masih digunakan untuk situasi tertentu seperti pesawat, militer dan kepolisian).

Fire Extinguisher secara global juga harus disesuaikan penggunaannya. Setiap media suatu tabung pemadam api memiliki kegunaan untuk memadamkan berbagai tipe jenis kelas api. Suatu negara memiliki kriteria tersendiri untuk mengklasifikasikan suatu tipe atau jenis api.

Translate ยป
Free WordPress Themes, Free Android Games